NEWSGAPI

Gerbang Informasi Masa Kini

Tiga Periode Pemerintahan di Halmahera Selatan Berakhir, PKS Pimpin Tanpa Wakil

Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba

NEWSGAPI.COM | Labuha – Sudah bukan hal baru membicarakan bupati tunggal di Kabupaten Halmahera Selatan. Pasalnya, kabupaten tersebut sudah tercatat sebanyak tiga periode pemerintahan berakhir, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memimpin tampa wakil di pemerintahan.

Muhammad Kasuba, misalnya, mantan bupati dua periode yang di usung PKS itu memimpin Kabupaten Halmahera Selatan tunggal tampa wakil di masa dua periode pemerintahanya.

Pada periode pertamanya, Muhammad Kasuba berpasangan dengan Rusli Abdul Wali pada masa periode 2005-2010, namun belum sempat periode pemerintahan keduanya berakhir hubungan keduanya renggang, dan Muhammad Kasuba kemudian memimpin Halmahera Selatan tanpa melibatkan Rusli Wali.

Kabarnya, hubungan Muhammad Kasuba dan Rusli Abdul Wali renggang dan sempat menimbulkan cekcok diantara keduanya, di mana pemerintahan mereka baru berjalan satu tahun.

“Di periode Muhammad Kasuba dan Rusli Wali itu ego keduanya tinggi, dan sempat cekcok karena setiap kebijakan Muhammad Kasuba tampa melibatkan Rusli Wali. Jadi pemerintahan saat itu sama halnya bupati tampa wakil,” cerita Sumber yang juga pelaku politik di masa itu, Kamis (1/2/2023)

Setelah itu, pada periode pemerintahan berikutnya, Muhammad Kasuba kembali memenangkan pencalonan bersama Rusdan T Haruna untuk periode 2010-2015, namun belum sampai satu tahun pemerintahan keduanya, Rusdan diperhadapkan dengan kasus hukum.

Pria asal Makayoa itu kabarnya di jebak dengan kasus dugaan korupsi saat masih menjabat salah satu dinas di Halmahera Timur. Meski begitu, hukum membuktikan dirinya bersalah dan harus mempertanggungjawabkan kasus pidana yang menjeratnya.

“Kalau Rusdan saat itu terjerat kasus korupsi saat masih menjabat Kepala BPKAD Halmahera Timur. Jadi setelah menjabat wakil bupati kasus itu di proses kembali. Rusdan terpaksa melepas jabatanya dan merelakan Muhammad Kasuba kembali memimpin Halmahera Selatan tampa wakil,” bebernya. 

Namun begitu, kabar hubungan Muhammad Kasuba dan Rusdan sebelumnya tengah renggang terkait pelantikan sejumlah pejabat di pemerintahan keduanya, sebelum dirinya terjerat kasus hukum.

Kemudian, di masa pemerintahan Bupati Usman Sidik dan wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba di masa periode 2021-2024 saat ini, sejarah bupati tunggal tampa wakil kembali terjadi.

Hasan Ali Bassam Kasuba, Politisi PKS yang juga anak dari mantan bupati dua periode Muhammad Kasuba itu dilantik menjabat bupati di sisa pemerintahan mendiang Usman Sidik. Bassam di lantik menggantikan Usman Sidik yang tutup usia pada 5 November 2023 kemarin. (fik)