NEWSGAPI

Gerbang Informasi Masa Kini

Gubernur Maluku Utara Kena OTT, Begini Penjelasan Dua Wakil Ketua KPK

Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta posisi Kiri dan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron posisi Kanan

NEWSGAPI.COM – Dua Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dan Alexander Marwata menjelaskan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menyeret Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba masih dalam tahap pemeriksaan KPK.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keteranganya mengatakan, OTT KPK terhadap Gubernur Maluku Utara pada Senin Sore itu terkait kasus dugaan korupsi jual beli jabatan hingga pengadaan barang dan jasa.

“Diduga dalam tindak pidana korupsi lelang jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keterangan resmi, Senin (18/12/2023).

Meski demikian, lanjut Ghufron, KPK belum merinci pihak yang terjerat OTT di Maluku Utara. Jadi pihak-pihak yang ditangkap saat ini masih menjalani pemeriksaan.

“Sementara ini kami masih melakukan pemeriksaan terhadap pihak yang terlibat dan kami amankan barang bukti. Setelah pemeriksaan selama 1×24 jam nanti kami akan update progresnya,” ujar Ghufron.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkapkan kegiatan OTT KPK di Maluku Utara itu ada penyelenggara negara yang diamankan pihak KPK.

“Barusan ada informasi dari staf yang membenarkan ada kegiatan (OTT) di Maluku Utara,” kata Alex

Meski begitu, Alex belum merinci siapa penyelenggara negara yang ditetapkan tersangka, namun KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang ditangkap.

“Saat ini staf masih mendalami para pihak yang diduga terlibat. Perkembangan lebih lanjut akan disampaikan,”tandas Alex.

Untuk informasi, Gubernur Abdul Gani Kasuba kena OTT pada Senin sore (18/12/ 2023) di Hotel Bidakara Jakarta, Jalan Gatot Subroto Kav. 71-73 Pancoran, Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Selain Gubernur, KPK juga mengamankan Ajudan Gubernur Husni Leleyan dan Deden Sobari, serta ponakan Gubernur Ramadhan.

Sementara pihak yang diamankan KPK di Maluku Utara dan di bawah ke Jakarta menggunakan maskapai penerbangan garuda yakni, Kadisdik Imran Yakub, Plt Kadis PUPR Daud Ismail, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPJB) Ridwan Arsad, Kabid SDA PUPR Saiful Amin, dan PPK Bina Marga PUPR Muhammad Saleh.

Untuk pihak yang juga menyusul ke Jakarta dengan maskapai Lion Air yakni Kadis Perkim Adnan Marhaban, Kepala BPKAD Ahmad Purbaya, Sespri Kaban Keuangan Musnawati Hi Rajeb. (Tim)